mengatasi atap bocor di musim hujan yang suka bikin repot semua

Pada musim penghujan, satu diantara problem yang umum berlangsung dirumah yaitu terjadinya kebocoran pada atap tempat tinggal. Walaupun sekarang ini telah masuk musim kemarau, namun hujan masih tetap saja turun setiap saat. Atap tempat tinggal yang bocor pastinya sangat lah mengganggu. Kuda-kuda atap makin lama juga akan keropos, persoalan plafon yang rusak, serta tetesan airnya juga tentunya dapat mengakibatkan kerusakan beberapa barang yang berada di bawah sisi atap yang bocor itu. Serta pasti Anda direpotkan dengan mengubahkan beberapa barang seperti mebel yang berada di bawahnya. Tiap-tiap hujan turun Anda butuh mewadahi tetesan air itu dengan ember atau apa pun supaya tidak membasahi ruang yang beda. Kesimpulannya kebocoran pada atap semestinya diperbaiki secepat mungkin saja, karna seperti telah kami terangkan diatas kalau banyak kerugian yang juga akan kita peroleh seandainya tidak segera di perbaiki. 

 

 

Berikut penyebabnya serta langkah menangani atap bocor : 

Bentuk atap sangat landai/kurang curam 

Kemiringan atap atau genteng yang landai juga akan mengakibatkan air tidak bisa tercurah ke tanah secara cepat. Terlebih waktu hujan lebat yang kemampuan airnya banyak. Mengakibatkan, air masih tetap ada di atap bisa membanjiri beberapa ruangan yang kosong, air juga akan mencari celah sekecil apa pun pada atap, terlebih di bagian sambungan/pertemuan penutup atap (seperti genteng, asbes, dan lain-lain) serta mengakibatkan kebocoran. Pojok kemiringan atap yang baik yaitu sebesar 30-40 derajat supaya air hujan bisa selekasnya mengalir ke bawah menuju saluran pembuangan. 

 

Pemasangan penutup atap yang kurang baik 

Agar atap tidak bocor, penutup atap seperti asbes, genteng atau zink alum sebaiknya dengan benar terpasang, jangan pernah ada celah yang dapat mengakibatkan air hujan masuk ke dalamnya. Genteng sebaiknya dipasang lewat cara yang pas, sampai pada satu genteng dengan genteng yang lain bisa sama-sama mengunci dengan rapat. Baiknya pakai genteng yang terbuat berbahan berkwalitas baik, terkecuali memiliki bentuk yang presisi pada genteng yang lain, umur genteng tentu lebih tahan lama serta tidak gampang retak atau bocor. 

 

Persoalan dengan talang air 

Talang yaitu saluran yang mengalirkan air dari permukaan atap menuju ke saluran pembuangan. Jadi pastikanlah kalau talang itu sudah terpasang dengan benar, sambungan pada jurai talang juga mesti di perhatikan dengan tehnik pemasangan yang benar juga. Pakai talang dengan bahan kwalitas baik, agar talang bisa tahan lama pada suhu panas. Ukuran talang sebaiknya sesuai sama debet air yang juga akan dialirkan, berarti makin besar atau lebar bagian atap jadi ukuran lebar talang mesti sesuai. Bila ukuran talang sangat kecil, ini juga akan buat aliran air tidak lancar. Serta dapat mengakibatkan kebocoran pada atap karna air juga akan masuk ke sela-sela genteng. 

 

Ada celah di bubungan atap 

Check bubungan, adakah kebocoran atau masih tetap ada celah saat sistem pemasangannya. Karna bubungan yaitu sisi teratas dari atap, jadi di sini lah awal aliran air berasal. Pada bubungan ini umumnya dipasangkan type genteng knock serta umumnya diperkuat dengan adukan semen pasir. Bila komposisi semen serta pasir tidak pas, jadi ini bisa menyebabkan adukan tidak tahan lama serta gampang retak yang sangat mungkin air dapat masuk lewat celah retakan. 

 

Sampah diatas atap 

Satu diantara langkah menangani atap bocor yaitu melindungi kebersihan atap tempat tinggal dari sampah. Sampah seperti daun-daun sangat seringkali jadi penyebabnya dari kebocoran. Bila banyak sampah yang menumpuk pada atap atau talang, jadi juga akan menghalangi aliran air untuk selekasnya mengalir ke bawah, serta pada akhir meluber ke sela-sela atap.